Dosen FEB Unpad Sampaikan Kiat Cerdas Kelola Keuangan di Era Pandemi Covid-19

Selama pandemi Covid-19, kemampuan mengelola keuangan menjadi hal yang krusial bagi banyak orang. Meski demikian, pengelolaan keuangan bukan hanya diperlukan saat pandemi saja. Pengelolaan keuangan diperlukan untuk jangka panjang, agar bisa hidup mandiri, sejahtera, dan bahagia di hari tua.

“Setelah pensiun pun kita harus bisa sejahtera,” ujar dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Ratna Komara, M.T., dalam seminar daring “Kiat Cerdas Mengelola Keuangan di Era Pandemi Covid-19” yang digelar atas kerja sama Unpad dengan Pegadaian pada Senin (26/10).

Untuk dapat hidup nyaman, Ratna menekankan bahwa pendapatan harus lebih besar dari pengeluaran. Oleh karena itu diperlukan adanya pengelolaan pengeluaran dan pendapatan dengan baik.

Ratna pun mendorong pentingnya mencatat pengeluaran keuangan.

“Maka kalau kita mencatat semua pengeluaran, kita dapat mengidentifikasikan, pengeluaran mana yang bisa dikurangi, atau malah bisa dihilangkan,” ujar Ratna.

Lebih lanjut Ratna mengatakan, penting juga untuk mengklasifikasikan pengeluaran tersebut, apakah sebagai keinginan atau kebutuhan. Selain itu, pengeluaran juga perlu diklasifikasikan berdasarkan waktu dan peruntukannya.

Pengeluaran pun bukan hanya untuk gaya hidup. Alokasi pengeluaran juga diperlukan untuk kegiatan sosial, pendidikan, menabung, investasi, dan proteksi.

“Kita perlu mengalokasikan pengeluaran sesuai dengan peruntukannya,” ujar Ratna.

Pembicara lain, Praktisi Emas Gold Idea Channel Rudy Kurniawan menyebut salah satu investasi dapat dilakukan melalui emas. Investasi melalui emas dinilai mudah dan aman.

“Emas itu adalah investasi aset riil dan investasi pertumbuhan,” ujar Rudy.

Pada kesempatan tersebut, Rudy juga memperkenalkan program tabungan emas dari Pegadaian. Program ini dinilai banyak memberikan manfaat , seperti tidak terkena inflasi, harga cenderung naik, mudah diakses di mana saja, dapat dibeli dengan harga murah dan kompetitif, serta telah diawasi OJK.

Acara “Kiat Cerdas Mengelola Keuangan di Era Pandemi Covid-19”  ini dibuka oleh Direktur Sumber Daya ManusiaAulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., Ph.D, dan Deputi Bisnis – Bandung 2 PT. Pegadaian (Persero) Arief Rinardi Sunardi.

Dikatakan Aulia, acara ini digelar untuk meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan Unpad dalam hal mengelola keuangan.

“Dengan berilmu kita bisa mengelola keuangan dan bisa mengelola kehidupan kita secara lebih baik,” harap Aulia.

Sumber : www.unpad.ac.id /dani wahdani