Kominfo Kerja Sama Pusdi DIGITS Akan Gelar Digital Entrepreneurship Academy

Pusat Studi Inovasi Digital (DIGITS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menggelar Kegiatan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dengan tema “Bangkit di Masa Pandemi : Memulai Berwirausaha Digital”.

digits1

Suasana Foto Bersama Peserta Kegiatan Digital Entrepreneurship Academy 2020

Untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2019, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng Pusat Studi Inovasi Digital (DIGITS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad untuk mengelola program Digital Entrepreneurship Academy (DEA), yang melibatkan Dosen dari berbagai perguruan tinggi serta pelaku usaha start-up dari berbagai kota di Indonesia. Kegiatan pelatihan DEA tahun ini mengusung tema “Bangkit di Masa Pandemi: Memulai Berwirausaha Digital” ini rencananya akan menyasar total 5.000 lebih peserta yang sudah memiliki usaha atau baru akan memiliki usaha.

Koordinator pelaksanaan dari DIGITS untuk kegiatan ini, Adhi Alfian, menyatakan bahwa peran serta DIGITS pada pelaksanaan DEA di tahun ini khususnya dalam hal penyiapan konsep pelatihan, penyediaan master trainer dan trainer, serta materi pelatihan. Materi pelatihan dalam bentuk modul yang disusun merupakan pengembangan dari materi perkuliahan Prodi S1 Bisnis Digital dan D4 Bisnis Internasional yang dimiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad.

Materi yang akan disampaikan pada pelatihan ini ditekankan kepada aspek-aspek praktis dalam pelaksanaan bisnis digital, diantaranya seputar aspek digitalisasi bisnis, pemanfaatan platform marketplace, pengelolaan iklan di sosial media, SEO, hingga cara-cara pengambilan gambar produk, copywriting yang baik, dan sebagainya.

Kegiatan DEA ini rencananya akan dilaksanakan di lebih dari 77 kota pada 25 provinsi di Indonesia, selama bulan April-September 2021. Dengan adanya program DEA ini diharapkan dapat mencetak Digital Entrepreneur (Digipreneur) baru dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.

Sebelum program ini dimulai, dilakukan terlebih dahulu kegiatan Training of Trainer (ToT). ToT merupakan sebuah kegiatan pelatihan untuk mempersiapkan calon Trainer dan Asisten Trainer yang diberikan oleh Master Trainer. Diharapkan setelah mengikuti ToT ini, para Instruktur mampu memberikan pelatihan dan bimbingan saat DEA berlangsung secara maksimal dan memantau perkembangan setiap pesertanya.

digits2

Suasana Belajar pada Kegiatan Digital Entrepreneurship Academy 2020

ToT berlangsung selama 3 hari pelatihan dan telah dilaksanakan di 6 kota besar, yaitu Kota Bandung (23-25 Maret 2021), Kota Medan (24-26 Maret 2021), Kota Yogyakarta (25-27 Maret 2021), Kota Banjarbaru (29-31 Maret 2021), Kota Surabaya (29-31 Maret 2021), dan Kota Manado (31 Maret – 2 April 2021). Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan. Setiap pengajar, peserta, dan panitia wajib menunjukkan tes antigen negatif dan mematuhi tata tertib sesuai dengan standar protokol kesehatan yang direkomendasikan Satuan Tugas COVID-19 guna mencegah penularan COVID-19.

Pada program ini, DIGITS juga memberi kesempatan kepada mahasiswa Prodi S1 Bisnis Digital Unpad yang mengikuti Program Magang Penelitian Muda, untuk ikut serta pada program DEA menjadi asisten trainer, yang terdiri dari:

  1. Ariella Felita Vashti
  2. Azahra Arumita
  3. Billy Nurfaudzi
  4. Ceilla Amanda Jasmin
  5. Eldarisma Puspita Indah Sari
  6. Febriani Anggraini
  7. Indah Permatasari
  8. Nyi Mas Dhyandra Nur Annisa
  9. Oriza Sativa Salsabila
  10. Rhisca Restu Sudrajat
  11. Yumna Zhafirah

Untuk kamu yang memiliki usaha atau baru akan memiliki usaha, jangan lewatkan program pelatihan Digital Entrepreneurship Academy! Akan banyak manfaat yang didapatkan untuk mempersiapkan bisnismu menghadapi era revolusi industri 4.0. Kamu dapat langsung mendaftarkan diri ke digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/DEA untuk mengikuti program pelatihan ini. Tunggu apa lagi? Ayo jadi Digital Entrepreneur.

sumber : rilis

Laporan oleh Dani Wahdani