Perpustakaan

Latar Belakang

Perpustakaan dan Pusat Informasi Ilmiah (P2I2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran didirikan pada tanggal 17 Desember 1997 dengan tujuan untuk memberikan layanan informasi akademis dalam bidang ekonomi dan bisnis sehingga dapat membantu proses belajar mengajar yang berlangsung.

P2I2 FEB Unpad pada awalnya memiliki koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan-perpustakaan fakultas ekonomi dan bisnis program reguler dan program ekstensi. Pada perkembangan selanjutnya, koleksi perpustakaan makin bertambah dengan adanya sumbangan dari para alumni FEB Unpad serta dari para donatur yang memiliki perhatian yang tinggi terhadap pendidikan.

P2I2 FEB Unpad berdiri di atas gedung 3 lantai dengan luas bangunan 1200 m2. P2I2 FEB Unpad pada saat ini telah mampu menyediakan layanan buku ekonomi dan bisnis, skripsi, makalah, seminar, jurnal, koran, majalah, penyediaan informasi dalam bentuk CD-ROM serta layanan internet. Pemanfaatan teknologi yang telah dilakukan perpustakaan akan memudahkan para pembaca untuk mencari informasi yang dibutuhkannya.

Visi Dan Misi

  1. Visi

Menjadi Center of Excellent FEB Unpad dan menjadi perpustakaan rujukan di Bandung khususnya dan di Indonesia pada umumnya dalam hal penyediaan, pengolahan dan pengembangan informasi ekonomi dan bisnis yang dinamis dan berorientasi kepada kepentingan anggota dan pelayanan masyarakat.

  1. Misi

Memberikan layanan informasi akademis dalam bidang ekonomi dan bisnis.

  • Mengadakan pengolahan dan pengembangan informasi ekonomi dan bisnis
  • Menyajikan teknologi dan sistem sebagai bagian integral proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  • Menumbuhkan iklim akademis melalui pengembangan :
    • Budaya membaca
    • Kemampuan berdiskusi
    • Budaya menulis
  • Memasyarakatkan budaya ilmiah melalui :
    • Publikasi karya ilmiah
    • Pemasyarakatan peristiwa ilmiah
    • Pengkajian ilmiah

Fasilitas

Ruang Baca

Berada di Lantai 1 terdiri dari ruang baca buku, ruang dosen dan serta ruang baca majalah dan koran yang dilengkapi dengan pendingin ruangan dengan koleksi buku yang terus diusahakan bertambah.

Penyalinan File

Pada beberapa buku dilengkapi dengan disket maupun CD-ROM, pembaca dapat mengkopi file-file yang diperlukan dengan menghubungi petugas yang bersangkutan.

Perpustakaan Diploma III

Perpustakaan ini terletak di Lantai II yang terdiri dari ruang baca dan koleksi buku bagi mahasiswa Diploma III.

Ruang Jurnal

Perpustakaan menyediakan Ruang Jurnal yang ditempatkan di lantai III, perangkat komputer yang digunakan dengan spesifikasi yang terus diperbaharui sehingga akses internet menjadi lebih cepat.

Ruang Skripsi

Berada di lantai 3 dengan dilengkapi peralatan yang memadai, yang merupakan hasil penelitian salah satu katalog online berupa skripsi yang terdapat di Perpustakaan dan P2I2 FEB Unpad mulai digunakan pada tahun 2003. Katalog online tersebut dapat diakses ke semua komputer yang hanya diperuntukkan bagi lingkungan P2I2 FEB Unpad. Katalog online hasil penelitian merupakan katalog unik yang mendeskripsikan isi hasil penelitian secara ringkas yang berisi data hasil penelitian.

Fasilitas CD-ROM

Fasilitas ini merupakan pengembangan perpustakaan dengan tujuan utama untuk mengefisiensikan tempat penyimpanan buku karena semakin bertambahnya koleksi buku perpustakaan sehingga dengan adanya fasilitas ini diharapkan akan mengurangi buku dalam bentuk fisik. Buku-buku yang ditransfer ke dalam CD berupa jurnal dan skripsi.

  • Tata Cara Pemakaian CD-ROM
  1. Mengisi formulir pendaftaran penggunaan CD-ROM dengan menyebutkan subjek yang diperlukan
  2. Membayar biaya penelusuran
  3. Melakukan penelusuran dengan dibantu oleh petugas

Fasilitas-fasilitas lain :

  • Fotokopi

Buku, jurnal dan majalah dapat difotokopi dengan memesannya melalui petugas perpustakaan

  • Layanan Khusus

Perpustakaan FEB Unpad telah menjadi anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPT) Jawa Barat. Maka setiap mahasiswa yang menjadi anggota forum akan mendapat potongan 40% dari biaya kunjungan. Dengan menjadi anggota FPPT, mahasiswa dapat mengakses inforasi dari seluruh perpustakaan yang menjadi anggota FPPT.

Persyaratan Untuk Menjadi Anggota

  1. Mahasiswa FEB Unpad pada Program S1, S2 Magister (MM, Maksi, MET) dan Program Doktor maupun Karyawan FEB Unpad dengan status sebagai Anggota Peminjam
  2. Mahasiswa DIII PAAP FEB Unpad dan selain yang disebutkan di point a dengan status sebagai Anggota Peminjam
  3. Anggota pembaca diperkenankan menggunakan seluruh fasilitas perpustakaan hanya di dalam ruangan perpustakaan dan tidak boleh dibawa keluar ruangan
  4. Mengisi Formulir pendaftaran yang tersedia serta menunjukkan KTM / KARPEG dan KTP / SIM yang masih berlaku
  5. Membayar iuran anggota untuk keanggotaan di luar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran
  6. Menyerahkan 2 lembar pas foto ukuran 3 x 4 dan ukuran 2 x 3
  7. Mentaati peraturan Perpustakaan

Jam Buka Layanan

Perpustakaan FEB Unpad dibuka setiap hari kerja dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Hari Senin s.d. Kamis : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    • Jam istirahat : Pukul 12.00 – 13.00 WIB
  • Hari Jumat : Pukul 09.00 – 16.00 WIB
    • Jam istirahat : Pukul 11.00 – 13.00 WIB

Peraturan Perpustakaan

  1. Jumlah buku yang dapat dipinjam maksimal 2 eksemplar, dengan masa pinjam selama 3 hari
  2. Majalah periodikal, jurnal serta buku-buku tertentu yang diberi tanda REFERENSI tidak dapat dipinjam keluar ruangan
  3. Kartu Anggota harus dibawa setiap kunjungan. Kehilangan Kartu Anggota harus segera dilaporkan kepada petugas perpustakaan
  4. Kartu Anggota tidak dapat dipinjamkan untuk digunakan oleh orang lain. Kehilangan dan kerusakan buku menjadi tanggung jawab anggota. Buku yang hilang atau rusak harus diganti.
  5. Kunjungan pemustaka :
    • Bagi keamanan koleksi perpustakaan, setiap pengunjung tidak diperkenankan membawa tas (termasuk tas laptop), map / folder dan jaket ke dalam ruang perpustakaan. Tempat penitipan tas / loker telah disediakan.
    • Pemustaka tidak diperkenankan meninggalkan uang dan barang berharga lainnya seperti handphone, dompet, jam tangan, kalkulator, dan barang lainnya di dalam loker. Selama beraktifitas di dalam perpustakaan, kehilangan barang tidak menjadi tanggung jawab pihak perpustakaan.
    • Pengguna perpustakaan diperkenankan mendokumentasikan aktifitas perpustakaan untuk keperluan tugas atau penelitian dengan terlebih dahulu meminta izin kepada petugas
    • Pengguna tidak diperkenankan mendokumentasikan isi koleksi (memfoto / scan halaman dari buku / skripsi / TA)
    • Setiap pengunjung WAJIB menscan kartu perpustakaan
    • Ruang perpustakaan adalah tempat membaca dan belajar. Setiap pengunjung diharapkan ikut serta menjaga ketenangan, kebersihan, kerapihan dan kenyamanan perpustakaan serta menjaga keutuhan dan kebersihan setiap koleksi yang dibaca / dipinjam
    • Setiap pengunjung TIDAK DIPERKENANKAN makan, minum, dan merokok selama berada di perpustakaan
  6. Loker / Penitipan Barang

Perpustakaan menyediakan layanan penitipan barang. Ketentuan yang berlaku adalah :

  • Pemustaka menscan kartu perpustakaan dan menerima kartu penitipan tas dari staf perpustakaan
  • Pemustaka menyimpan semua barangnya di loker
  • Pemustaka tidak meninggalkan barang berharga di dalam loker
  • Kehilangan di luar tanggung jawab perpustakaan
  • Pemustaka bisa mengambil barangnya kembali dengan ketentuan yang berlaku

Sanksi dan Denda

  • Keterlambatan pengembalian buku akan dikenakan denda sebagai berikut :
    1. Anggota dengan status mahasiswa DIII, DIV dan S1 Rp 1.000,- per hari/ satu buku
    2. Anggota dengan status S2 dan S3 Rp 2.000,- per hari/satu buku
  • Sanksi keterlambatan ini diberlakukan dengan beberapa pertimbangan di bawah ini
    • Sebagai pembelajaran kedisiplinan
    • Sebagai upaya untuk melindungi koleksi perpustakaan
    • Menjaga atmosfir dan arus sirkulasi layanan supaya tetap lancar dan terkendali
    • Sebagai upaya untuk mendidik pemustaka agar bertanggung jawab dengan koleksi yang dipinjamnya

Pengurus P2I2 FEB UNPAD

Penasehat                    : Dekan  – Yudi Azis, S.Si., S.E., S.Sos., M.T., Ph.D

Pembina                      : Wakil Dekan – Maman Setiawan, SE., MT., Ph.D

Koordinator P2I2        : Sukamtini, S.Sos.

Pelaksana                    : Staff P2I2