Profil Fakultas

Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 37 tanggal 18 September 1957 tentang pendirian Universitas Padjadjaran. Peraturan ini mulai berlaku tanggal 11 September 1957. Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran berasal dari Universitas Merdeka di bawah naungan Yayasan Universitas Merdeka Bandung yang didirikan tahun 1952, yang pada perkembangannya menjadi Universitas Padjadjaran pada tahun 1957, dengan ketuanya Prof. Mr. R. Iwa Kusumasumantri dan Mr. Achmad Sanusi sebagai sekretaris.

Fakultas Ekonomi mempunyai dua jurusan, yaitu Ekonomi Umum dan Ekonomi Perusahaan dengan jumlah mahasiswa 486 orang, terdiri dari 400 mahasiswa baru dan 86 mahasiswa berasal dari Universitas Merdeka. Staf pengajar berjumlah 40 orang yang merupakan dosen luar biasa, karena pada awal pendiriannya Universitas Padjadjaran belum memiliki staf dosen tetap.

Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun, FEB UNPAD telah mendapatkan pengakuan sebagai salah satu fakultas ekonomi terbaik di Indonesia, dan prestasi yang tinggi tercermin dari kemampuan fakultas untuk mencapai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Indonesia untuk berbagai program studi. Selanjutnya, untuk memperkuat reputasi internasionalnya, FEB UNPAD juga menjadi anggota AACSB International, AAPBS dan ABEST 21.

Pada tahun 2020 FEB UNPAD terdiri dari tiga departemen; Akuntansi, Ekonomi, dan Departemen Manajemen dan Bisnis. Saat ini jumlah dosen tetap FEB UNPAD sebanyak 145 orang, dan sebagian besar telah atau sedang menempuh pendidikan S3 dan lebih dari 10 persennya adalah guru besar. Kampus ini berlokasi strategis di dekat pusat kota Bandung, Indonesia. Sebagai universitas kelas dunia, fasilitas telah dikembangkan untuk menyediakan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan dan nyaman bagi siswa dengan sarana kelas-kelas yang mengakomdir pembelajaran hybrid , peralatan belajar yang lengkap, 4 (empat) perpustakaan, sport center, dan student caffe. Lingkungan belajar online di fakultas ini didukung dengan akses koneksi wifi yang mudah, dengan akses gratis berbagai jurnal online.