Pasca Pandemi Covid-19, Pelaku Usaha Perlu Punya Kemampuan Manajerial

Berbagai tantangan acapkali dihadapi para pelaku usaha saat menjalani bisnisnya. Untuk itu, kemampuan manajerial penting dikuasai pelaku usaha.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Dr. Wa Ode Zusnita Muizu, M.Si., mengatakan, kemampuan manajerial dapat membantu pelaku usaha mengatasi hambatan dan tantangan yang muncul dalam berwirausaha.

Hal tersebut ia sampaikan dalam Webinar Series #4 Pengembangan Soft Skill Mahasiswa “Peningkatan Kemampuan Manajerial Mahasiswa dalam Mengelola Usaha Kecil dan Menengah di masa Pandemi” yang digelar secara daring, Sabtu (16/10/2021).

webinar

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Dr. Wa Ode Zusnita Muizu, M.Si., menjadi narasumber Webinar Series #4 Pengembangan Soft Skill Mahasiswa “Peningkatan Kemampuan Manajerial Mahasiswa dalam Mengelola Usaha Kecil dan Menengah di masa Pandemi” yang digelar secara daring, Sabtu (16/10/2021).

“Ini nantinya bisa membantu kita di dalam mengelola kegiatan usaha secara lebih sistematis,  teroganisir secara rapi, sehingga prosesnya akan bekerja lebih baik,” kata Wa Ode.

Keterampilan manajerial yang perlu dimiliki antara lain human skills, technical skills, dan conceptual skills.

“Kalau sudah mulai mengglobal kita perlu global management skills,” ujarnya.

Wa Ode mengatakan, menghadapi tantangan di dunia usaha perlu adanya manajemen organisasi dengan tepat, sehingga dapat turut mendukung tercapainya tujuan.

“Disinilah pentingnya ilmu manajemen, kemampuan di dalam mengatur, mencapai tujuan dengan mengelola sumber daya melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, perngarahan, dan pengendalian,” tuturnya.

Sebagai pelaku usaha, penting menerapkan ilmu manajemen sebagai pondasi di awal. Dengan demikian, ketika menghadapi kendala dapat segera menemukan solusinya.

Saat ini kemampuan yang juga penting dikuasai adalah kemampuan digital. Wa Ode mengatakan bahwa dengan kemampuan digital yang dimiliki harus dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menguatkan secara manajerial, serta dapat berdampak pada peningkatan usaha

Wa Ode pun menyebutkan pentingnya membangun kekuatan tim yang solid. Dengan kekuatan tim solid, segala beban dan kesulitan akan lebih mudah diatasi, termasuk tantangan pandemi Covid-19.

sumber : www.unpad.ac.id